Copyright © Catatan Alifia
Design by Dzignine
Rabu, 28 Maret 2012

Sesudah Kesulitan itu Kemudahan

"karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah : 5-6)
my gallery
 Pada dasarnya memang, setelah kesulitan itu ada kemudahan. Hal ini merupakan janji Allah yang sampai ditegaskan dua kali berturut-turut dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6.
Hal inilah yang mungkin menjadi inspirasi kalimat "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian."
Memang tak ada kemudahan yang 'tinggal ambil' saja. Semua kebahagiaan itu butuh usaha, butuh ikhtiar. Tetapi ketika kita dihadapkan pada sebuah kenyataan bahwa kebahagiaan atau kesuksesan itu masih sangat jauuuuh dari bayangan. Jangan putus asa! Teruslah berusaha! Ingatlah janji Allah! Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan!


Seorang Pria dengan Mushaf Kecilnya

di bulan ke tujuh
aku melihatnya
seorang pria berkain lusuh
digenggamannya sebuah mushaf kecil
tertaut mataku ke wajah berantakannya

aku mengerti maksudmu
dia pasti sangat kelaparan
hanya melahap dinginnya malam dan teriknya siang
hanya berkain rintik hujan dan sengatan matahari
hanya melewati musim hujan dan kemarau dengan satu mushaf kecil

aku mendekat
bibirnya yang kering masih melantunkan suatu ayat,
ayat yang menggema,
INNA MA'AL 'USRIYUSRAA
aku mundur dengan tangan membenam wajahku
aku sungguh malu
...

di bulan ke tujuh
aku melihatnya
seorang pria berbekal mushaf kecil
harinya ringan di matanya
sebab dia pegang janji Tuhannya

***
(28/03/2012)

0 komentar:

Posting Komentar